Pantai Tirang Semarang, Sangat Mengasyikan Untuk Berlibur dan Memancing Ikan

Bicara tentang obyek wisata alam pantai di Semarang, maka hampir semua traveler pasti akan langsung menunjuk Pantai Marina. Banyak yang berpikir bahwa ini merupakan satu-satunya obyek wisata berbentuk pantai yang ada di ibukotanya Provinsi Jawa Tengah.

Tapi sebenarnya bila dieksplorasi lebih mendalam lagi, kota ini masih menyimpan pantai lain yang memiliki keindahan tidak kalah dasyat dibanding Pantai Marina. Namanya yaitu Pantai Tirang. Lokasinya ada di Kalurahan Tambak Harjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, persis di sebelah barat muara Sungai Silandak.

Untuk aksesnya, akan menjadi lebih praktis dan hemat waktu jika mengggunakan kendaraan pribadi atau mobil carteran. Tidak banyak tranportasi umum yang melewati area ini. Adapun jaraknya, tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang bahkan hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit saja untuk sampai ke tempat tujuan.

Panorama alam

Sama seperti pantai-pantai lainnya, obyek wisata alam Pantai Tirang Semarang menawarkan keindahan alam khas pantai pada pengunjungnya. Tetapi selain itu pantai ini juga mempunyai terumbu karang yang sangat sayang sekali jika tidak dieksplorasi keindahannya.

Kemudian ada lagi jejeran tanaman mangrove di sebagian pinggiran pantainya. Pemandangan di sekitarnya terlihat sangat eksotis, kombinasi antara warna hijau daun tanaman mangrove, putih pasir pantai dan biru air laut ditambah lagi dengan biru warna langit. Kesempurnaan ini akan membuat wisatawan makin suka berlama-lama di kawasan pantai.

Di seputaran tumbuhnya tanaman mangrove ini pula hidup ratusan burung yang selalu dapat berkeliaran dan berterbangan bebas. Burung-burung ini, meski sulit untuk didekati, tapi tetap menarik untuk dilihat dan disaksikan segala polah tingkahnya.

Keindahan lain yang dapat dinikmati di pantai ini juga masih sama dengan kawasan di pantai lainnya, berupa matahari tenggelam atau sunset. Namun istimewanya, sunset di Pantai Tirang Semarang terlihat lebih indah karena bentangan pantainya yang sangat luas.

Kegiatan memancing

Selain menikmati berbagai keindahan alam, Pantai Tirang Semarang juga menawarkan suatu kegiatan yang begitu mengasyikan yaitu memancing ikan. Bagi yang memiliki hobi tersebut, obyek wisata alam ini menjadi tempat terbaik dan paling mengasyikan untuk mencari ikan.

Beberapa jenis ikan laut yang mudah didapat di pantai ini antara lain adalah ikan baramundi dan kakap. Tapi selain itu masih ada jenis lainnya yang jadi semacam ikon kegiatan mancing ikan di pantai ini, yaitu ikan kedokan yang sering disingkat dalam sebutan ikan kedok saja.

Kegiatan memancing ikan di kawasan wisata alam Pantai Tirang Semarang selalu membuat suasana liburan jadi tambah mengasyikan. Apalagi jika ikan hasil pancingan tersebut dibakar dan dinikmati langsung di tempat yang sama tanpa perlu dibawa pulang.