Taman Budaya Raden Saleh, Pusat Kebudayaan dan Kegiatan Seni di Semarang

Seni dan budaya menempati salah satu posisi penting dalam kehidupan masyarakat. Di setiap kota nyaris selalu bisa ditemukan gedung kesenian, sebagai pusat aktivitas budaya bagi warga kota tersebut.

Tidak sedikit elemen-elemen seni yang terus konsisten melakukan aktivitas seni dan budaya yang memperkuat karakter suatu kota. Hal ini juga tampak di Kota Semarang yang memiliki Taman Budaya Raden Saleh, sebagai pusat aktivitas budayanya.

Gedung Taman Budaya Raden Saleh berada pada lokasi yang cukup strategis di ibukota Jawa Tengah ini, yaitu di Jalan Sriwijaya No 29. Gedung ini mengambil nama Raden Saleh sebagai bentuk apresiasi terhadap seniman besar yang merupakan pionir seni lukis modern Indonesia tersebut.

Memasuki kawasan Taman Budaya Raden Saleh, akan terasa suasana nyeni. Hal ini misalnya tampak dari tembok-temboknya yang berhiaskan seni mural atau grafiti. Tampak juga patung Raden Saleh pada bagian depan menyambut orang yang datang.

Mural merupakan salah satu seni yang saat ini digandrungi anak muda. Taman Budaya Raden Saleh mewadahinya dengan memberikan tempat bagi anak muda untuk berkreasi. Di tempat ini siapa saja sepanjang memenuhi persyaratan, pasti akan mendapat izin untuk mengekspresi diri melalui berbagai macam kegiatan seni dan budaya.

Pementasan seni

Gedung Taman Budaya Raden Saleh sendiri sebenarnya sebuah kompleks yang mewadahi banyak aktivitas seni. Di kawasan Taman Budaya Raden Saleh ini terdapat gedung kesenian Ki Narto Sabdo, salah satu dalang paling kondang asli Semarang. Dari tahun 1970-an hingga 1980-an nama Ki Narto Sabdo terkenal di Indonesia dan menjadi dalang laris.

Memasuki gedung ini, juga akan disambut patung Ki Narto Sabdo. Di gedung ini seringkali digelar berbagai pertunjukan seni, mulai dari pertunjukan wayang orang, pementasan seni teater hingga acara-acara budaya lainnya. Pementasan biasanya digelar setiap malam minggu.

Pada bagian lain kawasan ini terdapat juga galeri seni yang menampilkan hasil karya seniman setempat, mulai dari pernak-pernik kerajinan, lukisan, dan lain sebagainya. Bahkan juga ada pelayanan jasa lukis di tempat.

Di Taman Budaya Raden Saleh ini juga disediakan tempat bagi masyarakat, kelompok seni, untuk beraktivitas, berekspresi, berlatih teater hingga tari. Hal ini untuk mendukung iklim seni yang positif serta mendukung perkembangan seni di kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Selain itu, Taman Budaya Raden Saleh juga seringkali menjadi salah satu tempat favorit bagi penggemar kegiatan wisata budaya. Meski bukan merupakan pelaku seni, namun mereka bisa menikmati pertunjukan-pertunjukan dan atraksi-atraksi yang digelar di tempat ini.